Minggu, 14 Oktober 2012

kondisi kota semarang

KONDISI Kota Semarang
Kota Semarang terletak antara 6o 50 7o 10 Lintang Selatan dan 109o 35 110o 50 Bujur Timur, dan memiliki luas wilayah 373,67 Km2.

Perbatasan wilayah ini adalah di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Kendal, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Demak, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Semarang, dan sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, wilayah ini terbagi atas 16 Kecamatan dan 177 Kelurahan.

Sebagai penunjang kegiatan perekonomian, di provinsi ini tersedia 1 bandar udara, yaitu Bandara Achmad Yani, Untuk industri tersedia 8 kawasan industri, yaitu Kawasan Industri Terboyo Semarang, Kawasan Industri Tugu Wijayakusuma , LIK Bugangan Baru Semarang, Taman Industri BSB Bonded Zone, Tanjung Emas Export Processing Zone, Kawasan Industri Candi Semarang, Kawasan Industri Guna Mekar Industri Semarang, Taman Industri BIB Semarang yang didukung juga oleh fasilitas listrik dan telekomunikasi.

Komoditi unggulan Kota Semarang yaitu sektor pertanian, Perkebunan dan jasa. Sektor pertanian komoditi unggulannya adalah Jagung dan Ubi kayu, Sub sektor perkebunan komoditi yang diunggulkan berupa karet, Jambu mete, Kopi, Kelapa dan cengkeh. Pariwisatanya yaitu wisata alam, wisata adat dan budaya.

Suhu minimum rata-rata yang diukur di Stasiun Klimatologi Semarang berubah-ubah dari 21,1 C pada September ke 24,6 C pada bulan Mei, dan suhu maksimum rata-rata berubah-ubah dari 29,9 C ke 32,9 C. Kelembaban relatif bulanan rata-rata berubah-ubah dari minimum 61% pada bulan September ke maksimum 83% pada bulan Januari. Kecepatan angin bulanan rata-rata di Stasiun Klimatologi Semarang berubah-ubah dari 215 km/hari pada bulan Agustus sampai 286 km/hari pada bulan Januari. Lamanya sinar matahari, yang menunjukkan rasio sebenarnya sampai lamanya sinar matahari maksimum hari, bervariasi dari 46% pada bulan Desember sampai 98% pada bulan Agustus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar